EVALUASI KINERJA BANGUNAN BERLUBANG DENGAN METODE DIRECT DISPLACEMENT-BASED DESIGN

Merline Sutandi, Donovan Alfa Mboe, Ima Muljati, Benjamin Lumantarna

Abstract


Banyak penelitian mengenai kinerja Direct Displacement Based Design (DDBD) dan Force Based Design (FBD) telah dilakukan sebelumnya. Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa DDBD menghasilkan performa struktur yang lebih mendekati target desain. Namun, penelitian terhadap bangunan berlubang belum pernah dilakukan sebelumnya. Konfigurasi struktur dengan void memiliki kekakuan portal yang bervariasi diaman hal ini mempengaruhi distribusi gaya pada setiap portal. Distribusi gaya pada bagian yang memiliki void akan mengalami perpindahan yang lebih besar daripada bagian yang tidak memiliki void khususnya jika pelat lantai diasumsikan semi rigid. Penelitian ini membandingkan kinerja FBD dan DDBD pada bangunan yang didesain berlubang atau memiliki void dengan asumsi desain bangunan tanpa lubang dan gaya geser dasar didistribusikan secara merata. Penelitian akan dievaluasi terhadap wilayah beresiko gempa tinggi dan rendah di Indonesia. Struktur yang didesain diuji dengan analisis non-linear dinamis time history. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur bangunan yang didesain dengan DDBD memberikan kinerja yang lebih baik daripada FBD baik dalam drift ratio ataupun failure mechanism. Selain itu, prosedur DDBD lebih efektif dan efisien karena hasil desain mendekati target desain dan durasi desain sangat singkat. Satu-satunya kelemahan dari DDBD adalah biaya yang lebih mahal karena hasil desain yang menggunakan lebih banyak material

Keywords


Direct Displacement Based Design, Force Based Design

Full Text:

PDF

References


Asisi, F. dan Willyanto, K. (2014). Perbandingan Kinerja Bangunan yang Didesain dengan Force-Based Design dan Direct Displacement-Based Design menggunakan SNI gempa 2012. (Tugas Akhir No. 1101 1996/SIP/2014). Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Budiono, B. (2011). “Konsep SNI Gempa 1726-201X.” Konstruksi Indonesia Melangkah ke Masa Depan. Seminar HAKI 2011, 26 - 27 Juli, Jakarta, Indonesia.

Luis, V. dan Glorie, S.M. (2013). Evaluasi Kinerja Metode Direct Displacement-Based Design dan Force Based Design pada Bangunan Vertical Setback 6 Lantai. (Tugas Akhir No. 1101 1891/SIP/2013). Program Studi Teknik Sipil. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Montejo, L.A. (2007). CUMBIA [Computer Software]. Department of Civil, Construction, and Environmental Engineering, North Carolina State University. North Carolina.

Muljati et.al. (2013). Evaluasi Metode FBD dan DDBD pada SRPM Di Wilayah 2 dan 6 Peta Gempa Indonesia. (Tugas Akhir No. 1101 1875/SIP/2012). Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Priestley, M.J.N., Calvi, G.M. dan Kowalsky, M.J. (2007). Displacement-Based Seismic Design of Structure. IUSS Press. Pavia.

Wijaya, C. dan Wijaya, S.W. (2013). Evaluasi Kinerja Direct Displacement Based Design dan Force Based Design Bangunan Irregular Plan 6-Lantai. (Tugas Akhir No. 11011894/SIP/2013). Program Studi Teknik Sipil. Universitas Kristen Petra. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.