ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DENGAN METODE WORK SAMPLING: STUDI KASUS PROYEK TUNJUNGAN PLAZA 6

Derian Asher Prasetyo, Anthony Anthony, Herry Pintardi Chandra, Soehendro Ratnawidjaja

Abstract


Studi kasus ini dilakukan untuk mengetahui nilai produktivitas dan Labor Utilization Rate (LUR) pada proyek Tunjungan Plaza 6 Surabaya. Dalam suatu proyek konstruksi, ada tiga faktor yang memegang peranan penting dalam menentukan apakah suatu proyek konstruksi dapat dianggap berjalan dengan lancar atau tidak, antara lain: biaya, mutu, dan waktu. Di antara banyak hal yang memengaruhi ketiga faktor tersebut, faktor tenaga kerja sering kali menjadi pembeda yang cukup signifikan terhadap hasil akhir dari suatu proyek konstruksi. Metode penelitian yang digunakan adalah work sampling dengan observasi lapangan selama kurang lebih enam minggu. Hasil yang diperoleh dari rekapitulasi seluruh pengamatan ini ialah bahwa rata-rata nilai produktivitas pekerjaan pembesian di proyek Tunjungan Plaza 6 Surabaya adalah 40,35 kg/orang-jam, sedangkan untuk nilai LUR nya diperoleh sebesar 77,61%. Kedua hasil yang didapat ini menunjukkan suatu nilai yang jauh berbeda dengan indeks Handbook Standar Nasional Indonesia Analisis Biaya Konstruksi. Hal itu disebabkan oleh beberapa perbedaan pada metode dan komposisi tenaga kerja.

Keywords


produktivitas, labor utilization rate, work sampling, pembesian

Full Text:

PDF

References


Indonesia. Badan Standar Nasional Indonesia. (2008). Handbook Standar Nasional Indonesia (SNI) : Analisa Biaya Konstruksi, Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Kaming, P.F., Olomaiye, P.O., Holt, G.D., and Harries, F.C. (1997). “Factors Influencing Craftsmen’s Productivity in Indonesia." International Journal of Project Management. Vol. 15, No. 1, 21-30.

Oglesby, C. H., Parker H.W. and Howell G.A. (1989). Productivity Improvement in Construction, McGraw-Hill.

Olomolaiye, P.O., Jayawardane, A.K.W. and Harris, F.C. (1998). Construction Productivity Management, McGraw-Hill, Inc, Singapore.

Pilcher, R. (1992). Principles of Contruction Management 3rd ed, McGraw-Hill, Inc, Singapore.

Wibowo, K.D., dan Prasetya, A. (2004). Analisa Labor Utilization Rate pada Proyek “X” dan “Y” dengan Menggunakan Metode Worksampling, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.