ANALISA DAN PEMBUATAN SISTEM WATER COOLANT INJECTION PADA MOTOR BENSIN TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG

Rocky Alexander Winoto, Philip Kristanto Tedjasaputra

Abstract


Motor Bensin adalah salah satu penggerak transportasi mayor yang ada pada masa kini. Berbagai penilitian untuk mengembangkan teknologi mesin yang sudah ada. Penelitian yang dilakukan antara lain untuk meningkatkan efisiensi motor bakar, mengingkatkan performa yang dihasilkan, dan juga agar dapat meminimalkan polusi yang ditimnbulkan dari emisi gas bang yang dihasilkan dari proses pembakaran. Maka perlu dilakukan peningkatan kualitas pembakaran. Air adalah salah satu unsur yang paling banyak ada di bumi ini, dan juga merupakan salah satu bahan yang dapat diproses untuk menghasilkan energy apabila diberi kalor sehingga berubah fasenya. Injeksi air ini bertujuan untuk menurunkan suhu air intake agar meningkatkan massa oksigen yang masuk ke ruang bakar sehingga dapat meningkatkan kualitas pembakaran. Selain itu, molekukl air yang menguap pada ruang bakar dapat meningkatkan rasio kompresi yang ada pada ruang bakar. Dengan injeksi air ini juga proses pembakaran yang terjadi semakin miskin bahan bakar, ditandai dengan bertambahnya lamda pembakaran.

Keywords


Motor Besin, Injeksi Air, Oksigen, Rasio Kompresi.

Full Text:

PDF

References


Wilson, J. Parley., Effects of Water Injection and Increased Compression Ratio in a Gasoline Spark Ignition Engine. Wilson, Thesis, University of Idaho, 2011

Rothrock, A.M., Krsek, A. Jr., Jones, A.W., “The induction of water to the inlet air as a means of internal cooling aircraft-engine cylinders,” NACA Report 756 (1943): 1.

http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=12549


Refbacks

  • There are currently no refbacks.