MEREKONDISIKAN MESIN PROTOTYPE UNTUK LOMBA INDONESIA MARATHON CHALLENGE 2014

Peter Dea Gidion, Teng Sutrisno

Abstract


Dunia otomotif dewasa ini dihadapkan pada permasalahan akan menipisnya pasokan bahan bakar fossil. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) mengadakan perlombaan pengembangan teknologi otomotif yang bernama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penghematan energi. Universitas Kristen Petra ikut berpartisipasi dan berhasil lolos ke IEMC 2014, namun masih banyak kekurangan pada kendaraan yang ikut dilombakan.

        Pada sistem pengapian dan sistem pelumasan kendaraan, dimana sistem pengapian tidak dalam keadaan normal dan sistem pelumasan yang masih standar, mengakibatkan kendaraan menjadi kurang efisien dalam pemakaian bahan bakar, maka pada sistem pelumasan dilakukan pendesainan ulang, serta pada sistem pengapian dilakukan rekondisi agar performa mesin menjadi lebih baik dan menjadi lebih irit.

Dari hasil rekondisi yang telah dilakukan pada sistem pelumasan dan pengapian, didapatkan konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 47 km untuk satu liter . Serta sistem pelumasan pada mesin mampu melumasi dengan baik dan sistem pengapian dapat berjalan dengan normal.

roda yang semakin besar, jarak pengereman yang dihasilkan juga semakin panjang.

Keywords


Mesin,Crankcase,Pelumasan,IEMC 2014,Bearing.

Full Text:

PDF

References


Clarke, Massimo., (2010),”Modern Motorcycle Technology”, Minneapolis: MBI Publishing Company.

h2ecomarathon.wordpress.com/steering-braking/]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.