ANALISA DISTRIBUSI TEGANGAN PADA MODIFIKASI TANGKI BAHAN BAKAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Felix Budimihardjo, Willyanto Anggono

Abstract


Truk tangki BBM adalah tangki yang terdapat pada kendaraan bermotor yang didesain untuk membawa muatan yang berupa cairan di jalan raya. Untuk meningkatkan kekuatan tangki maka perlu diteliti bentuk sekat, baffle & ballfront pada tangki. Kekuatan tangki dapat ditingkatkan dengan merubah desain tangki, dimana perubahan tersebut ialah penambahan penyangga pada sekat, baffle & ballfront.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan penyangga pada sekat, baffle & ballfront terhadap tegangan maksium yang terjadi pada truk tangki BBM, dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan ANSYS yang merupakan software berbasis metode elemen hingga. Dari percobaan yang telah dilakukan diperoleh bahwa penambahan penyangga pada sekat, baffle & ballfront dapat mengurangi tegangan maksimum.

Keywords


Truk BBM, tangki BBM, tegangan maksimum, ANSYS

Full Text:

PDF

References


Anggono Willyanto, Sanjaya Adi, Suprianto, Fandi Dwiputra, Wijaya Tubagus Putra. “Optimasi Jumlah Compartment Truk Tangki Bahan Bakar Minyak Dengan Menggunakan Finite Element Application”, Seminar Nasional Teknik Mesin 9, D-43 – 46.

Yang, T.Y., 1986,”Finite Element Structural Analysis”, Prentice-Hall, Inc, Englewood Cliffs.

Bathe Klaus-Jurgen, 1996, “Finite Element Procedures”, Prentice Hall International Editions, Inc, USA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.