PERENCANAAN PROTOTIPE STEER BY WIRE PADA MOBIL

Evander Hansen, Ninuk Jonoadji

Abstract


Di era mobilitas ini, perkembangan teknologi kendaraan bermotor terutama mobil terus berkembang. Perkembangannya menuju pada penggantian sistem mekanik menjadi elektro-mekanik sehingga dapat dipantau dan dikoreksi oleh electronic control unit (ECU). Salah satu sistem pada mobil yang dikembangkan adalah kemudi, yang disebut steer by wire. Penggunaan mekanikal poros penghubung digantikan oleh perangkat elektronik seperti sensor, motor, dan modul kontrol. Tujuannya adalah untuk meningkatkan aspek keamananan dan kenyamanan dalam berkendara. Teknologi ini masih baru diproduksi massal pada satu merk mobil, maka dari itu perlu adanya pembelajaran dan pengembangan terhadap steer by wire. Tidak adanya alat peraga teknologi steer by wire membuat Program Studi Teknik Mesin – Program Otomotif tidak dapat ikut serta berperan dalam pengembangannya.

Sebagai penyelesaian dari masalah tersebut, dibuat prototipe steer by wire sebagai bahan studi dan sarana pengembangan teknologi sistem kemudi dan stabilitas kendaraan di Program Studi Teknik Mesin – Program Otomotif. Setelah dibuat, prototipe steer by wire ini mampu menyimulasikan sistem kemudi pada mobil tanpa menggunakan poros kemudi atau steering shaft.

Keywords


Teknologi steer by wire, prototipe, sistem kemudi elektronik.

Full Text:

PDF

References


Chandra, Franky dan Deni Arifianto. 2010. Jago Elektronika Rangkaian Sistem Otomatis.Jakarta: Kawan Pustaka

Elex Media Komputindo. 1988. 303 Rangakaian Elektronika. Jakarta: Elex Media Komputindo

Gunadi. 2011. Sistem Kelistrikan Bodi. Yogyakarta: Mentari Pustaka

Laukkonen, Jeremy. 2013. What is Drive by Wire Technology. http://cartech.about.com/od/Safety/a/What-Is-Drive-By-Wire-Technology.htm. (diakses 14 Juni 2014)

R.M. Marston. 1997. Electronic Alarm Projects. London: Newnes Technical Books

Sutantra, I Nyoman dan Bambang Sampurna. 2010. Teknologi Otomotif Edisi Kedua. Surabaya: Guna Widya

Wakid, Muhkamad. 2010. Sistem Kemudi pada Kendaraan Ringan. Jakarta: Insania

Wasito S. 1995. Vademekum Elektronika Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.