MODIFIKASI SISTEM PENGGERAK KENDARAAN KELASPROTOTYPE UNTUK LOMBA INDONESIA MARATHON CHALLENGE 2014

Derian Hariyanto, Sutrisno Teng

Abstract


Dalam dunia otomotif, konsumsi energi sebagian besar berasal dari bahan bakar fosil. Melihat kondisi tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  menyelenggarakan Lomba “Indonesia Energy Marathon Challenge” (IEMC). Jurusan Teknik Mesin Universitas Petra juga akan  ikut berkompetisi dalam lomba IEMC 2014.

Dalam Tugas Akhir  ini membahas mengenai perencanaan sistem transmisi dari kendaraan kelas Prototype. Desain Sistem Penyambung dan Penerus Daya (Clutch dan Transmisi) dapat bekerja dengan indipenden antara Transmisi dan roda  saat mesin dimatikan. Memodifikasi gear box agar langsung dari mesin ke roda untuk mengurangi engine brake pada prototype, memodifikasi flange roda belakang dengan menggabungkan free wheel agar prototype mampu meluncur jauh, menggunakkan variasi jumlah gigiuntuk mencari torsi yang besar pada putaran bawah.

Hasil pengujian dari jumlah gigi 35 gigi memiliki torsi yang kecil untuk mempercepat laju kendaraan, 45 gigi memiliki percepatan yang aman untuk uji batas kecepatan, 55 gigi memiliki percepatan yang lebih baik dari 45 gigi dan mampu menyimpan gaya inersia agar dapat meluncur jauh. Penggunan free wheel pada prototype mampu meluncur lebih jauh dari prototype tanpa free wheel.

Keywords


Transmisi, Gear box, free wheel, flange.

Full Text:

PDF

References


Edward, Joseph dan Charles Mischke. 1989. Mechanical Engineering Design. Edisi 5. McGraw-Hill Book Co.

“Kopling Sentrifugal”. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas., 16 November 2014 Wikimedia Foundation, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.