Perancangan Standar Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas

VINCENTIUS KRISNA ADITYA, I Nyoman Sutapa

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan rancangan dokumen-dokumen Elemen Penilaian dari Bagian Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas. Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk melakukan akreditasi puskesmas. Akreditasi puskesmas mengacu pada instrumen akreditasi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan. Instrumen akreditasi puskesmas memiliki persyaratan dokumen-dokumen yang harus dipenuhi untuk mencapai sertifikat akreditasi.

Teknik perancangan dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mensurvey langsung pihak terkait sesuai dengan Elemen Penilaiannya dengan mengikuti panduan Kementerian Kesehatan. Hasil perancangan didapatkan sepuluh buah Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Bagian Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas yang didasarkan pada beberapa kebijakan dan referensi. Keseluruhan SOP juga memiliki beberapa dokumen terkait sebagai output dari pelaksanaan masing-masing SOP.


Keywords


SOP, Akreditasi, Puskesmas, dan Dokumen.

Full Text:

PDF

References


Cambridge Dictionaries. Gap. Retrieved June 29, 2016, from http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/gap

Camp, R.C. (1995). Business Process Benchmarking. Milwaukee: ASQC.

Davis, S. B. & Goetsch, D. L. (2006). Quality Management. New Jersey: Pearson.

Deming, W. E. (1986). Out of Crisis. Massachusetss: Massachusetss Institute of Technology.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2007). Manajemen Puskesmas: Kebijakan Dasar Puskesmas & Penerapannya. Jakarta: Author.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. (2009). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009. Jakarta: Author.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. (2016). Akreditasi Puskesmas. Bangil: Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan.

Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Direktorat Bina Upaya Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jakarta: Author.

Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Direktorat Bina Upaya Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Pedoman Survei Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jakarta: Author.

Gaspersz, V. (1997). Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia.

Gaspersz, V. (2002). Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia.

Hutchins, G. B. (1991). Introduction to Quality Control, assurance, and management. New York: McMillan Publishing Company.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 828/MENKES/SK/IX/2008 tentang Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota. Jakarta: Author.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2012). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Perorangan. Jakarta: Author.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Author.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Author.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Prakitk Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. Jakarta: Author.

Mills, C. A. (1989). The Quality Audit: A Management Evaluation Tool. Singapore: McGraw – Hill Book Co.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan. (2008). Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 74 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Pasuruan: Author.

Spendolini, M. J. (1992). The Benchmarking Book. New York: AMACOM.

Susilo, W. (2003). Audit Mutu Internal. Jakarta: Subur Jaringan Terpadu Menara Imperium.

Taylor, J. R. (1989). Quality Control Systems. United States of America: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.