Vihara dan Tempat Meditasi di Selopanggung, Kediri

Kartika Kumalasari

Abstract


 

ABSTRAK

"Vihara dan Tempat Meditasi di Selopanggung, Kediri" merupakan fasilitas yang berfungsi sebagai wadah untuk menampung kegiatan keagamaan umat Buddha. Fasilitas keagamaan yang disediakan meliputi Dhammasalla yang merupakan gedung ibadah, Dhammaclass, kantin, perpustakaan, dan tempat meditasi.

Pendekatan perancangan yang dipilih adalah simbolis tentang perjalanan hidup Sang Buddha dalam mencapai pencerahan. Rangkaian perjalanan hidup Sang Buddha terdiri atas kamadhatu, rupadhatu, hingga arupadhatu di mana Sang Buddha menghilang tanpa jejak saat mencapai pencerahan dan hanya alamlah yang tersisa. Oleh karena itu, konsep peranangan yang diambil adalah permainan solid – void yang melambangkan perjalanan hidup Sang Buddha dari kamadhatu hingga arupadhatu.

Aplikasi konsep solid – void yang dipilih berpengaruh pada tatanan massa, zoning, dan bentuk massa. Konsep solid mulai diterapkan di massa terdepan pada bangunan , yaitu Dhammasalla dan diakhiri oleh konsep void yang akhirnya menyatu dengan alam di massa belakang pada bangunan, yaitu Tempat Meditasi. Untuk memperkuat konsep, dipilihlah pendalaman karakter ruang yang dapat menunjukkan kontrasnya perbedaan akan suatu ruang yang solid dan void (menyatu dengan alam).

Kata Kunci: Vihara, Buddha, Teravadha, Meditasi, Kediri


Refbacks

  • There are currently no refbacks.