METODE GERAK DAN LAGU DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA TIONGHOA DI SD ANUGERAH SCHOOL SIDOARJO

Evelyn Yahya, Budi Kurniawan

Abstract


Metode cara pengajaran bahasa Tionghoa saat ini semakin bermacam-macam. Khususnya dalam metode pengajaran kosakata, salah satu metode yang dapat digunakan oleh pengajar bahasa Tionghoa adalah dengan menggunakan metode gerak dan lagu. Saat ini masih banyak pengajar bahasa Tionghoa yang menggunakan metode pengajaran konvensional. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian mengenai metode pengajaran gerak dan lagu terhadap kosakata bahasa Tionghoa di SD Anugerah School. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif, yang berupa rekaman-rekaman video, dan wawancara. Subjek penelitian ini ialah siswa-siswi kelas 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran kosakata menggunakan metode gerak dan lagu dapat membantu mereka untuk lebih giat belajar daripada menggunakan metode pembelajaran konvensional yang membuat siswa bosan serta metode pengajaran gerak dan lagu ini bisa menjadi pengajaran alternatif dalam menggunakan metode yang baru bagi pengajar dalam cara pengajaran bahasa Tionghoa.


Keywords


Metode Pembelajaran Konvensional dan Pengajaran Gerak dan Lagu, Kosakata Bahasa Tionghoa, Anugerah School Sidoarjo

Full Text:

PDF

References


Asher, J. (1993). Learning Another Language Through Actions. Sky Oaks Productions Inc. 1993. Retrieved 09 30, 2016,

from:http:www.cnki.net.cn/

Chén, X. (2009). Pendekatan Pengajaran Bahasa asing [J]. Penelitian Pengajaran Bahasa.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, D., & Reza, M. (2013). Mengembangkan Kegiatan Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak,

from:ejournal.unesa.ac.id/article/6348/19/article.pdf.

Hidayat, O. (2008). Metode Pengembangan Moral dan Nilai– Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jensen, A. R. (1994). Educability and group differences. New York: Harper and Row.

Lev. (2003). Psikologi anak [M]. Běijīng北京: Nán wù yìn shū guǎn chūbǎn南务印书馆出版.

Lianawati, F. (2011). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin melalui Metode Total Physical Response di Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Liú,X. (2000). Pengantar Pengajaran Bahasa Asing [M]. Beijing: Language and Culture University Press.

Margarent Silver, and friends. (2003). “The Total Physical Response (Or TPR)”. from:http:www.tpr_world.com/asher.htm. (diakses tanggal 29 November 2012).

Matodang, & Elisabeth M. (2005). Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Music And Movement (Gerak Dan Lagu). Jurnal Pendidikan Penabur. No.05/ Th. IV.

from:https://www.academia.edu/9273542/Music_and_Movement_Gerak_dan_Lagu

Molina, A. & Balla, M. (2007). Total Physical Response.(online) http://www.jillrobbins.com/au/540/presentatio ns/TPR07.doc. Retrieved 22 Februari 2014.

Nataliya, K. (2011). The Application of Total Physical Response Method in Teaching Chinese Language to Children. Retrieved 09 28, 2016,

from:http:www.cnki.com.cn/

Rasyid, F. (2010). Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Jogjakarta : Diva Press.

from:http://ejournal.unesa.ac.id/jurnal/paud-teratai/artikel/946/

Saputra, Yudha., M., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H., G. (2002). Pengajaran Kosakata dalam Metode Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Yáng, J. Z. (2005). Chinese Classroom Teaching Skills. Beijing: Beijing Language and Culture University.

Yáng, J. Z. (2005). Hànyǔ kètáng jiàoxué jìqiǎo汉语课堂教学技巧. Beijing: Beijing yuyan da xue.

Zhào, Jīn Míng. (2004). Duìwài hànyǔ jiàoxué gàilùn 对外汉语教学概论. Běijīng北京: Nán wù yìn shū guǎn chūbǎn南务印书馆出版.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.