PENGARUH MARKETING MIX (7P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIHAN PADA GUEST HOUSE DI SURABAYA

Billy Tantra, Jesse Marcelina

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada guest house di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif causal dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, teknik analisis frekuensi dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada guest house di Surabaya adalah faktor price, promotion, place, people dan physical evidence yang berpengaruh secara positif dan signifikan.

Keywords


Marketing mix, keputusan pembelian, guest house

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2011). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, B. (2007). Manajemen pemasaran & pemasaran jasa. Bandung : Alfabeta.bi

Al-Debi, H. A., dan A. Mustafa. (2014). The impact of services marketing mix 7p's in competitive advantage to five stars hotel - case study amman, Jordan. The clute institute international academic conference, Al-Zaytoonah University, Jordan

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2004). Manajemen pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Assauri, S. (2007). Manajemen pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Cant, M., J. Strydom., C. Jooste., dan P. D. Plessis. (2006). Marketing management. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Collins, G. (2017). Integrated learning planned curriculum units. Australia: Bookshelf.

Collins. Retrieved January 24, 2017, from http://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/guesthouse

Ferdinand, A. (2002). Structural equation modelling dalam penelitian manajemen. Semarang: UNDIP.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Grewal, D., dan M. Levy. (2010). Marketing. New York: McGraw Hill International.

Griya, B. (2009). Diakses melalui http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:0jcaWatyiu8J:bougenvilleguesthouse.blogspot.com/+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id

Harjanto, R. (2009). Prinsip-prinsip periklanan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hasibuan, M. S. P. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta

Hasibuan, M. S. P. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hurriyati, R. (2002). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta

Johar, M. R. A. (2013). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian pada aldila resto di Semarang. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro.

Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. (2016). Diakses melalui http://www.kemenpar.go.id/asp/ringkasan.asp?c=110.

Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. (2017). Diakses melalui http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=2732

Kotler P., dan G. Amstrong. (2009). Manajemen pemasaran. Jilid 2, Edisi 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler P., dan G. Amstrong. (2010). Principles of marketing. 13 Edition. New Jersey

Kotler P., dan G. Amstrong. (2011). Principles of marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler P., dan G. Amstrong. (2012). Principles of. marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler P., dan G. Amstrong. (2013). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Kotler, P. (2005). Manajamen pemasaran. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, P. (2008). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo

Kotler, P. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2011). Manajemen pemasaran di Indonesia : analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, P., dan K. L. Keller. (2003). Manajemen pemasaran edisi 12, Cetakan III. (Benyamin Molan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kuncoro, M. (2005). Manajamen pemasaran. Jakarta : PT. Indeks. (2013). Mudah memahami dan menganalisis indikator ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Lin, L. M., dan R. D. Green. (2011). “A mediating influence on consumer loyalty: the role of perceived value”, Journal of management and marketing research, Vol. 8.

Lovelock. C., dan K. W. Lauren. (2007). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: PT. Indeks.

Malhotra, N. K. (2009). Riset pemasaran. Jakarta : PT. Indeks.

Mohammad, H. I. (2015). 7P’S marketing mix and retail bank customer satisfaction in northeast nigeria. British journal of marketing studies, 3(3),71-88

Nazir. (2014). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Noor, Agus Mentari. (2016). Pengaruh bauran pemasaran 7(P) terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan jasa hotel Grand Sawit di Samarinda. eJournal administrasi bisnis, ISSN 2355-5408

Payne. A. (2006). Service marketing pemasaran jasa. Yogyakarta

Perreault, C. Jr. W. D., & McCarthy, E. J. 2004. Model persamaan structural: Konsep dan aplikasi. New Jersey: Prentice Hall

Pristanto,Yanuar., Sri, Wahyuni., dan Yuslinda, Dwi Handini. 2012. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan menginap pada hotel Bintang Mulia Jember. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa

Puryono., dan Yuniati (2014). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian pada UD Glagah Wangi di Magetan. Jurnal ilmu & riset manajemen Vol. 3 No. 11

Ratih, H. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta

Santoso dan Sugiyanto. (2014). “Faktor bauran pemasaran yang berkontribusi bagi konsumen dalam memilih budget hotel di Indonesia”,

Setiadi, Nugroho. (2010). Perilaku konsumen, (Edisi Revisi). Jakarta: Kencana

Shandy, I. A. (2015). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen pada minimarket lulumart di kota samarinda. eJournal ilmu administrasi bisnis, 3(1), 174 -188.

Siagian. S.P. (2010). Teori dan prakter kepemimpinan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku konsumen, implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Swastha. B. (2009). Manajemen penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, F. (2005). Manajamen pemasaran. Jakarta : PT. Indeks. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Tjiptono, F. (2005). Manajamen pemasaran. Jakarta : PT. Indeks. (2011). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia

Tjiptono, F. (2005). Manajamen pemasaran. Jakarta : PT. Indeks. (2012). Pemasaran jasa. Jakarta : Erlangga.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen jasa. Yogyakarta : Andi.

Tukiman, K. (2010). Rencana bisnis PT. XYZ mendirikan City Hotel Non Bintang di Jakarta. Tesis. Fakultas ekonomi program studi magister manajemen Jakarta : Universitas Indonesia.

Utami, C. W. (2010). Manajemen ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Wijaya. (2011). Metode penelitian. Jakarta : Erlangga.

Yazid. (2003). Pemasaran jasa: Konsep dan implementasi. Yogyakarta: Ekonsia

Yoeti. O. A. (2008). Ekonomi pariwisata: Introduksi, informasi, dan implementasi. Jakarta:. Kompas

Zeithaml, A., A. Valerie., Parasuraman., dan L. Berry. (2009). Services marketing integrating customer focus across. New York: Prentice Hall Mc. Graw Hill

Zeithaml, B., dan Gremler. (2006). Service marketing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.