Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas dan Kelompok Referensi terhadap Minat Beli terhadap Minat Beli Wisata Kuliner Bebek Sinjay

Felicia Celline Wijaya

Abstract


Abstrak – Perkembangan wisata kuliner akhir-akhir ini mengalami peningkatan yang sangat pesat, hampir di seluruh daerah di Pulau Jawa maupun di seluruh Indonesia sekarang ini memiliki keanekaragaman jenis masakannya masing-masing. Kuliner Bebek Sinjay adalah salah satu yang paling di gemari wisatawan saat berkunjung ke Madura. Berdasarkan beberapa wawancara yang dilakukan oleh penulis, 7 dari 10 orang akan tetap memilih untuk kembali untuk seporsi bebek goreng ini. Maka dari itu penulis ingin mengetahui bagaimana pengaruh motivasi konsumen, persepsi kualitas dan kelompok referensi konsumen terhadap minat beli di gerai Bebek Sinjay di Madura.

Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner dalam melakukan survei. Dengan menggunakan metode judgmental sampling peneliti telah memperoleh 100 responden yang valid dan reliabel dari konsumen Bebek Sinjay di Madura yang berusia di atas 17 tahun, pernah mengunjungi atau mengetahui soal Bebek Sinjay. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu, motivasi konsumen, persepsi kualitas dan kelompok referensi memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Minat Beli Wisata Kuliner Bebek Sinjay.


Keywords


Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Kelompok Referensi, Minat Beli.

References


Aaker, D. A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama

Assael, H. (2002). Consumer Behavior and Marketing Action. Boston: PWS-Kent Publishing Company.

Bearden, W. O., & Etzel, M. J. (1982). Reference Group Influence on Product and Brand Purchase Decisions. Journal of Consumer Research, 9(2), 183 - 194.

Chi, H., Yeh, H. R., & Tsai, Y. C. (2011). The influences of perceived value on consumer purchase intention: the moderating effect of advertising endorser. Journal of International Management Studies, 6(1), 1 - 6.

Essinger, J., & Wylie, H. (2003). Customer loyalty: Devising successful strategies in food and drink. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fitriyah, N. (2013). Pengaruh Kelompok Acuan Dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Tulis Jetis Pada Toko Amri Jaya Sidoarjo. Jurnal UNESA, 1(1), 1 - 17.

Fredereca, B. G., & Chairy. (2010). Pengaruh Psikologi konsumen terhadap keputusan pembelian kembali Smartphone Blackberry. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 3(2), 128 - 143.

Ghali, Z., & Hamdi, R. (2015). The Purchase and Consumption Motivations of an Organic Product by the Tunisian Consumer: an application on the Prickly Pear Seed Oil (PPS). Journal of North African Research in Business, 1-16.

Hanzaee, K. H., & Khonsari, Y. (2011). A Review Of The Role Of Hedonic And Utilitarian Values On Customer’s Satisfaction And Behavioral Intentions (A case study; customers of Fasham restaurants). Interdisciplinary Journal of Research in Business, 1(5), 34 - 45.

Kittilertpaisan, J., & Chanchitpreecha, C. (2013). Consumer Perception on Purchase Intention towards Koa Hang: An Exploratory Survey in Sakon Nakhon Province. International Conference on Entrepreneurship and Business Management (ICEBM 2013), 172 - 177.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Lajevardi, M., Fakharmanesh, S., Ghanbarimemeshi, E., Ehshirzadegan, A., & Lajevardi, M. (2014). Investigating The Effect of Perceived Value on Purchase Intention of Iran Restaurants’ Customers. Journal of Applied Science and Agriculture, 9(2), 550 - 560.

Leha, J. M., & Subagio, H. (2014). Pengaruh Atribut Caffe Terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian Dan Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffe di The Square Appartement. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1 -2 .

Lin, L. Y., & Chen, Y. W. (2009). A Study on the influence of Purchase Intention on Repurhase Decision: the Moderating Effects of Reference Groups and Perceived Risks. Tourism Review, 64(3), 29 - 48.

Mackgosa, R., & Mohube, K. (2007). Peer influence on young adults’ products purchase decisions. African Journal of Business Management, 65 - 71.

Pentina, I., Prybutok, V. R., & Zhang, X. (2008). The Role of Virtual Communities As Shopping Reference Groups. Journal of Electronic Commerce Research, 9(2), 114 - 136.

Saputra, R., & Semuel, H. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1 - 12.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Sparks, B., Bowen, J., & Klag, S. (2003). Restaurants and the tourist market. International Journal of Contemporary, 15(1), 6 - 13.

Topaloğlu, C. (2012). Consumer Motivation and Concern Factors for Online Shopping in Turkey. Asian Academy of Management Journal, 17(2), 1 - 19.

Vranesevic, T., & Stancec, R. (2003). The Effect of the Brand on Perceived Quality of Food Products. British Food Journal, 105(11), 811 - 825.

Yang, J., He, X., & Lee, H. (2007). Social reference group influence on mobile phone purchasing behaviour: a cross-nation comparative study. International Journal of Mobile Communications, 5(3), 319 - 338.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.