Pengaruh Brand Performance Terhadap Repeat Purchase Dengan Competitive Advantage dan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Sepeda Motor Honda di Surabaya

Nelly Wijaya

Abstract


Pertumbuhan populasi sepeda motor di Indonesia terus berkembang, pangsa pasar dan minat beli masyarakat terhadap kendaraan roda dua ini masih tinggi sehigga menciptakan peluang bisnis yang bagus bagi industry sepeda motor. Di awal tahun 2000 jumlah sepeda motor belum sebanyak seperti saat ini. Bila dibandingkan dengan kondisi saat ini jumlah sepeda motor bertambah berkali-kali lipat, objek dalam penelitian ini menggunakan merek Honda yang telah dikenal selalu menjadi market leader dalam industry sepeda motor di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti apakah kesuksesan Honda menguasai pangsa pasar dan menjadi market leader sepeda motor di Indonesia dipengaruhi oleh keunggulan Brand Performance-nya melalui penciptaan Competitive Advantage dan membangun Customer Engagement yang baik sehingga mempengaruhi keputusan Repeat Purchase orang-orang dalam membeli sepeda motor Honda. Distribusi dan produksi sepeda motor Honda di Indonesia berada dibawah naungan PT.Astra Honda Motor (AHM). Melalui segala keunggulan yang ditawarkan, brand ini selalu berhasil mendominasi industry sepeda motor di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey kuisioner yang diberikan kepada pengguna sepeda motor Honda di Surabaya sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik analisis path.

Keywords


Merek, Keunggulan Kompetitif, Keterlibatan Pelanggan, Pembelian Ulang.

Full Text:

PDF

References


aksimaya. (n.d.). Retrieved Maret 31, 2017, from aisi: http://aisi.or.id/about-us/

Amstrong, Gary & Philip, Kotler (2001). Marketing management. New Jersey: The Millenium Edition, Prentice Hall Internasional Edition

Apinino, R. (2016, January 18). Retrieved Maret 31, 2017, from liputan6: http://otomotif.liputan6.com/read/2414705/catat-20-sepeda-motor-terlaris-di-indonesia

Brodie, R. J., Juric, B., Hollebeek, L. D., & Ilic, A. (2011). Customer Engagement: Conceptual Domain, Fundamental Propositions, and Implications for Research. Journal of Service Research , 1-21.

Chirani, E., Taleghani, M., & Monghadam, N. E. (2012). Brand Performance and Brand Equity. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business , 1-4.

Chiu, C. M., Wang, E. T., Fang, H. Y., & Huang, H. Y. (2012). Understanding customers' repeat purchase intentions in B2C e-commerce: the roles of utilitarian value, hedonic value and perceived risk. Information System Journal , 1-30.

detikoto. (2014, July 21). Retrieved Maret 31, 2017, from detikoto: https://oto.detik.com/motor/2642877/di-asia-indonesia-negara-ke-3-dengan-populasi-motor-terbanyak

Ghodeswar, B. M. (2008). Building Brand Identity in Competitive Markets : a Conceptual Model. Journal of Product & Brand Management .

Gupta, D. (2012). Enhancing Organizational Effectiveness Through Customer Engagement. International Journal of Computer Science and Management Studies , 1-6.

Hoffman, N. P. (2000). An Examination of the " Sustainable Competitive Advantage" Concept: Past, Present, and Future. Academy of Marketing Science Review , 1-16.

Kaleka, A. (2002). Resources and capabilities driving competitive advantage in export markets : guidelines for industrial exporters. Industrial Marketing Management, 31, 273–283.

Kumar, V., Aksoy, L., Donkers, B., Venkatesan, R., Wiesel, T., & Tillmanns, S. (2010). Undervalued or Overvalued Customers:Capturing Total Customer Engagement Value. Journal of Service Research , 1-15.

Malhotra, N. K. (2004). Marketing research : an applied orientation (4th Editio). New Jersey: Upper Saddle River.

Mittal, V., & Kamakura, W. A. (2001). Satisfaction, Repurchase Intent, & Repurchase Behavior: Investigating the Moderating Effect of Customer Characteristics. Journal of Marketing Research .

O'Cass, A., & Ngo, L. V. (2007). Market orientation versus innovative culture: two routes to superior brand performance. European Journal of Marketing , 1-20.

Saputra, R. (2016, Mei 13). Retrieved Maret 31, 2017, from Viva: http://wawancara.news.viva.co.id/news/read/771594-indonesia-raja-ketiga-sepeda-motor-di-dunia

Saputra, R. (2016, Mei 11). Retrieved Maret 31, 2017, from viva: http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/770916-ini-jumlah-sepeda-motor-di-indonesia

Sharma, P., Davcik, N. S., & Pillai, K. G. (2016). Product Innovation as a Mediator in the Impact of R&D Expenditure and Brand Equity on Marketing Performance. Journal of Business Research , 1-19.

Simamora, B. (2002). Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.