PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE DENGAN MARKET ORIENTATION DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABLE INTERVENING PADA MINIMARKET CIRCLE K DI SURABAYA

Belinda Alicia

Abstract


Perkembangan ekonomi yang begitu pesat di beberapa kota besar yang ada di Indonesia, salah satunya kota yang berkembang secara ekonomi secara pesat adalah Surabaya. Dengan perkembangan ekonomi yang membuat meningkatnya daya beli masyarakat di Surabaya. Dengan begitu kota Surabaya menjadi target dari pengusaha ritel. Perkembangan ritel minimarket begitu berkembang di Indonesia. Karyawan menjadi bagian penting dari sebuah perusahaan sehingga perlu menjadi perhatian khusus bagi perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Internal Marketing terhadap Employee Performance pada minimarket Circle K di Surabaya dengan Market Orientation dan Employee Engagement sebagai variable intervening. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner pada 44 responden karyawan minimarket Circle K di Surabaya. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisa kuantitatif dengan metode path analysis.


Keywords


Minimarket Circle K Surabaya, Internal Marketing, Market Orientation, Employee Engagement, Employee Performance

References


Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (2017, Maret 8). Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Retrieved Maret 12, 2017, from Wikipedia Web site: https://id.wikipedia.org

Abdilah, W. &. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Baker, W. a. (1999). The synergistic effect of market orientation on organizational. Journal of the Academy of Marketing Science , 411-427.

Baumruk, R. (2004). The missing link: the role of employee engagement in business success . Workspan .

Berry, L. (1981). The employee as customer. Journal of Retail Banking , 25-28.

Borman, W. &. (1993). Expanding the criterion domain to include elements of contextual performance. Personnel Selection in Organizations .

Dunia Industri. (2016, January 5). PT. Desain Bagus Indonesia. Retrieved Maret 12, 2017, from Dunia Industri Web site: http://duniaindustri.com

Kahn, W. (1990). Psychological conditions of personal engagement and disengagement at work. Academy of Management Journal .

Malhotra, N. (2009). Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1. Jakarta:PT Indeks .

Narver, J. a. (1990). The effect of a market orientation on business profitability. Journal of Marketing , 20-30.

Rafiq, M. a. (2000). Advances in the internal marketing concept definition, synthesis and extension. Journal of Services Marketing , 449-62.

Robinson, P. P. (2004). The Drivers of Employee Engagement, Institute for.

Setiawan, S. R. (2017, January 17). PT. Kompas Cyber Media. Retrieved Maret 13, 2017, from Kompas Web site: http://bisniskeuangan.kompas.com

Setiawan, S. R. (2017, January 17). PT. Kompas Cyber Media. Retrieved Maret 12, 2017, from Kompas Web site: http://bisniskeuangan.kompas.com

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.