ANALISIS PERBANDINGAN SERVICE QUALITY ANTARA JNE DAN J&T EKPRESS

Felicia Audrey Prasetyo

Abstract


JNE dan J&T Ekspress merupakan sebuah perusahaan yang bekerja dibidang jasa pengiriman barang. Banyaknnya jumlah perusahaan yang bergerah dalam bidang yang sama menyebabkan JNE dan J&T Ekspress memiliki banyak kompetitior. Dengan meningkatnya dunia bisnis terutama online , mall , toko atau ruko yang berkembang di Indonesia. Kualitas layanan sangat penting dalam kelangsungan kehidupan para pelanggannya. Penelitian ini akan menganalisa perbandingan kualitas layanan yang tidak dapat dipisahkan melalui 5 dimensi yaitu fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) bagi jasa pengiriman JNE dan J&T Ekspress tersebut. Penelitian ini akan dilaksanankan dengan menyebarkan 100 kuisioner yang menggunakan jasa pengirimnan JNE dan J&T Ekspress . Teknik yang dilakukan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian akan membuktikan bahwa adanya perbedaan kualitas antara JNE dan J&T Ekspress , Ketiga dimensi dari kualitas layanan jasa kurir tersebut adalah dimensi order accuracy, dimensi order discrepancy handling, dan dimensi personnel contact quality merupakan yang relatif samatetapi berbeda persepsi.


Keywords


Kualitas Layanan , JNE , J&T Ekspress

Full Text:

PDF

References


Adebambo, S., Omolola, O., & Victor, A.D. (2016). Analysis of outsourching logistics service and customer satisfaction in manufacturing companies in south western nigeria. European Journal of Logistics, Purchasing and Supply Chain Management 4(1), 1-10

Aryanto, A. (2015). Jasa Pengiriman Beradu Servis dan Tarif. Retrieved from file: http://m.wartaekonomi.co.id/berita81643/jasa-pengiriman-beradu-servis-dantarif.html

Beniusiene, I. & Petukiene, E. (2012). The indicators of service quality measurement of logistics service. Social Research 2(27), 62-70.consumers of leather products in calcutta, india. AFBE Journal 7(1), 91-101

Gulc, A. (2017). Models and methods of measuring the quality of logistic service. Procedia Engineering 182 (2017), 255 – 264

Heiman. G.W. (2014). Basisc statistics for the behavioral sciences. Sixth edition. USA: Cengage Learning

Johnson, R.A.; Wichern, D. W., 1992. Applied

Multivariate Statistical Analysis, Prentice-Hall Inc, New Jersey

Kamble, S.S., Raut, R.D., & Dhume, S.M. (2011). Validating the Logistics Service Quality (LSQ) Scale in Indian Logistics Industry. International Conference on Business and Economics Research 1(2011), 81-85

Kazmi, S.Q. (2012). Consumer perception and buying decisions(the pasta study). International Journal of Advancements in Research & Technology 1(6), 1-10

Nahar, J. (2016). Penerapan metode multidimensional scaling dalam pemetaan sarana kesehatan di jawa barat. Jurnal Matematika Integratif 12(1), 43 – 50

Najafzadeh, M.R. & Shiri, F. (2015). The Relationship between Service Quality and Perceived Value with Customer Loyalty and Aerobic Fitness Clubs in Tabriz. International Journal of Physical Education, Sports and Health 1(6), 69-73

Rahayu, E.M. (2014). Berebut kue logistik yang menggiurkan. Retrieved from file: https://swa.co.id/swa/trends/management/berebut-kue-logistik-yang-menggiurkan

Rahman, A. (2017). Belanja Online Marak, Jasa Kirim Barang Banjir Order. Retrieved from file: http://m.bisnis.com/industri/read/20170320/98/638645/belanja-online-marak-jasa-kirim-barang-banjirorder

Saglik, E., Gulluce, A.C., Kaya, U. & Ozhan, C.K. (2014). Service Quality and Customer Satisfaction Relationship: A Research in Erzurum Ataturk University Refectory. American International Journal of Contemporary Research 4(1), 100-117

Schiffman, L. & Kanuk, L.L. (2007). Perilaku konsumen, Edisi Tujuh, Terjemahan: Zulkifli Kasip, Jakarta: PT Indeks

Somasundaram, R., Balasubramani, R., & Krishnamoorthy, V. (2013). Customer behaviour of courier service in erode district. Indian Journal of Research 2(1), 108-110

Thai, V.V. (2014). Logistics service quality: Conceptual model and empirical evidence. International Journal of Logistics (2013), 1-34

Walliman, N. (2011). Research method: The basic. London: Routledge

Yumusak, T., Yilmaz, K.G., & Gungordu, A. (2016). Perceptual maps of smart phones with multi-dimensional scaling analysis. International Journal of Research In Social Sciences 6(5), 40-44


Refbacks

  • There are currently no refbacks.