Pengaruh Keberadaan Shopping Mall terhadap Nilai Pasar Rumah Tinggal di Sekitarnya

Vincent Wibisono, Njo Anastasia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keberadaan shopping mall terhadap nilai pasar rumah tinggal di sekitarnya. Obyek penelitian ini adalah rumah tinggal di sekitar Galaxy Mall dan Pakuwon Supermall di kota Surabaya. Penelitian ini menguji pengaruh faktor lokasi, lingkungan, dan fisik menggunakan metode regresi linear berganda. Faktor lokasi diukur melalui jarak radius dari shopping mall menggunakan dummy variable. Sedangkan polusi suara diukur melalui satuan desibel. Penelitian ini juga menguji beda nilai pasar rumah tinggal yang dilihat dari polusi suara dan jarak radius dari shopping mall. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa faktor lokasi, lingkungan, dan fisik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap nilai pasar rumah tinggal. Secara parsial hanya variabel luas tanah, luas bangunan, jarak radius dibawah 500 meter, dan jarak radius diantara 500 meter sampai 1000 meter yang berpengaruh signifikan terhadap nilai pasar rumah tinggal.


Keywords


Nilai Rumah, Shopping Mall, Faktor Lokasi, Faktor Lingkungan, Faktor Fisik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.