Pengaruh Motivasi Belanja dan Financial Literacy Terhadap Penggunaan Kartu Kredit Mahasiswa di Surabaya

Fendro Nawa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belanja dan financial literacy terhadap penggunaan kartu kredit mahasiswa di Surabaya. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 100 mahasiswa dari 3 kampus swasta di Surabaya yaitu Universitas Kristen Petra, Universitas Widya Mandala dan Universitas Surabaya yang memiliki kartu kredit dan pernah melakukan transaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan 100 kuisioner untuk pengumpulan data yang kemudian diolah dengan menggunakan SmartPLS. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa motivasi belanja berpengaruh signifikan terhadap penggunaan kartu kredit oleh mahasiswa dan financial literacy berpengaruh signifikan terhadap penggunaan kartu kredit oleh mahasiswa di Surabaya.

This study aims to discover Effect of Shopping Motivation and Financial Literacy Toward Credit Card Utilization of Collage Student of Surabaya. Samples are 100 collage students of Petra Christian University, Widya Mandala University, and University of Surabaya who use credit card and had dealing with. This study used quantitative method by spreading 100 questionnaires and was processed by SmartPLS. The outcome of the research shows that shopping motivation have positive significant impact  toward credit utilization of collage student of Surabaya.


Keywords


shopping motivation, financial literacy, credit card

Refbacks

  • There are currently no refbacks.