ANALISIS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN MILIK KELUARGA BIDANG PERHOTELAN

Eric Friendly

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip Good Corpo-rate Governance (GCG), yaitu Transparency, Accountability, Responsibility, Independency, dan Fairness (TARIF). Penelitian ini menggunakan meto-de kualitatif. Perolehan data dilakukan dengan proses wawancara dan subjek penelitian dilakukan pada sebuah perusahaan miik keluarga di bidang perhotel-an dengan teknik penerapan narasumber purposive sampling. Sumber data yang dipakai yaitu dalam bentuk kata-kata dan tindakan serta sumber tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek peneliti-an sudah menerapkan sebagian komponen di dalam prinsip TARIF. Perusahaan belum menerapkan prin-sip Transparency dengan sempurna karena perusaha-an belum memiliki visi dan misi serta website perusahaan untuk diakses oleh pemangku kepen-tingan. Prinsip Accountability juga belum diterapkan dengan sempurna karena struktur perusahaan yang belum sesuai dengan peraturan pemerintah dan kode etik yang masih disampaikan secara lisan. Prinsip Independency belum diterapkan dengan sempurna karena perusahaan bermasalah pada sistem bonus atau insentif kepada karyawan dan prinsip Fairness juga belum diterapkan dengan sempurna karena perusahaan tidak memberikan kesempatan berkarir pada karyawannya.

Keywords


Transparency, Accountability, Responsi-bility, Independency, dan Fairness (TARIF)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.