ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA CV.MITRA PERKASA UTOMO

Ardy Dwi Utomo

Abstract


Industri pelumas merupakan industri strategis yang tubuh pesat di Indonesia. Pesatnya pertumbuhan ini didorong oleh data impor pelumas yang mengalami peningkatan menjadi 21.540,80 Ton pada tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi bersaing pada CV.Mitra Perkasa Utomo dengan menggunakan analisa SWOT untuk dapat mendapatkan data atau informasi kekuatan dan kelemahan perusahaan melalui analisis lingkungan internal, lalu mengetahui peluang dan ancaman perusahaan melalui analisis lingkungan eksternal.lalu diformulasikan menggunakan matriks SWOT untuk mengetahui strategi alternatif yang bisa digunakan perusahaan.
Dari hasil analisis SWOT untuk strategi bersaing maka disarankan untuk melakukan Market Penetration yang bermanfaat untuk meningkatkan volume penjualan. Selain itu juga dapat memperbesar pangsa pasar di kawasan Jawa Timur melaui pencarian agen-agen untuk menjangkau daerah yang lebih luas di luar kota Surabaya.

Keywords


Strategi, analisis lingkungan internal, analisis lingkungan eksternal,SWOT, Matriks SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.