BUDAYA ORGANISASI DAN PERILAKU KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA PADA PT. IMPERIAL MULTI MANDIRI

Felicia Tanzil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan dan mengindentifikasi budaya organisasi dan perilaku kepemimpinan pada setiap divisi dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan di PT. Imperial Multi Mandiri.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis data model interaktif.

Hasil penelitian ini menunjukkna bahwa (1) Budaya organisasi yang tertanam pada PT. Imperial Multi Mandiri sejauh ini sudah cukup baik. Hal ini terkait dengan tujuh elemen budaya organisasi yang hampir seluruhnya telah diterapkan dengan baik, seperti pada inovasi dan pengambilan resiko yang mana perusahaan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk bebas mengeluarkan pemikiran, ide dan masukan-masukan; (2) Perilaku kepemimpinan yang diterapkan oleh pimpinan di PT. Imperial Multi Mandiri cenderung mengarah kepada kepemimpinan suportif yang terlihat dari pimpinan yang selalu berlaku adil dan menunjukkan kepedulian kepada karyawan dengan selalu memberikan solusi terhadap masalah yang dialami karyawan serta selalu memberikan penghargaan terhadap hasil yang dicapai karyawan; (3) Adanya kepuasan kerja yang masih belum tercapai dari gaji yang diberikan oleh perusahaan. Gaji sebagai hal yang penting bagi karyawan belum bias memberi kepuasan bagi karyawan.


Keywords


Budaya Organisasi, Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.