FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA

Santa Novia Anggles

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat mahasiswa untuk berwirausaha dengan menggunakan faktor imbalan, peluang, efikasi diri, dan pengetahuan kewirausahaan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada para mahasiswa Fakultas Ekonomi pada dua universitas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 106 reponden dengan menggunakan purposive sampling dan cluster sampling. Pada tahap analisis dilakukan  uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji F serta uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari faktor imbalan, faktor peluang, efikasi diri dan pengetahuan kewirausahaan terhadap niat mahasiswa berwirausaha.

Keywords


Niat berwirausaha, faktor imbalan, faktor peluang, efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.