Strategi Komunikasi Public Relations Horison Suites Surabaya Hotel Dalam Menyosialisasikan Perubahan Corporate Identity Kepada Karyawan

Renita Ongkowijoyo

Abstract


Surabaya Suites Hotel melakukan perubahan corporate identity menjadi Horison Suites Surabaya Hotel pada tanggal 31 Mei 2016. Dalam perubahan ini, Public Relations menjalankan fungsinya untuk melakukan berbagai strategi komunikasi dalam menyosialisasikan perubahan identitas ini kepada para karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Strategi komunikasi yang dilakukan yaitu mengomunikasikan visi dan misi kepada seluruh karyawan melalui generic training. Membuat program pertemuan dengan karyawan, antara lain training (standard grooming and greetings training dan hotelier training), general staff meeting, dan general meeting. Selain itu, juga ada program insidental bagi karyawan yang tidak dapat mengimplementasikan program yang telah diikuti, dinamakan coaching. Program ini tidak hanya merupakan program komunikasi saja tetapi juga dilengkapi dengan media komunikasi tertulis guna memberikan informasi mengenai perubahan yang dilakukan seperti white board yang berisikan tata tertib, standar operational dan hal penting lainnya. Melalui berbagai program yang telah dilakukan, seluruh karyawan juga akan diukur dan dievaluasi dengan program yang dinamakan performance appraisal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI