Kepuasan Pelanggan Dalam Membaca Majalah Surabaya City Guide

Margaretha Linda Samantha

Abstract


Majalah Surabaya City Guide (Majalah SCG) merupakan salah satu majalah free magazine  yang  ada di Surabaya. Walau menjadi majalah free, majalah ini dapat didapatkan dengan berlangganan dengan membayar ongkos kirim majalah. Lebih dari 500 pelanggan yang berlangganan Majalah SCG yang tersebar di area Surabaya dan sekitarnya. untuk penelitian ini, peneliti hanya meneliti pelanggan yang berada di wilayah kota Surabaya dengan jumlah responden 497 orang dari data terakhir februari 2016(Litbang Majalah SCG). Penelitian kepuasan ini menggunakan teori Uses an Gratifivatons, model dari PhilipPalmgreen yang mencari kepuasan melalui variabel  motif (Gratification Sought : GS)  dan  variabel kepuasan  (Gratification Obtained: GO). GO dan GS dicari menggunakan indikator Diversion, Personal Relationship, Personal Identity, dan Surveillance. Pelanggan dianggap puas jika nilai mean  GS<GO. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa kepuasan tertinggi didapatkan pada indikator Personal Relationship. Sedangkan kepuasan terendah pada indikator Diversion.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI