Sikap pemirsa iklan televisi Oppo F1 selfie expert terhadap penggunaan celebrity endorser Rio Haryanto

Apriyana Ninik Sulayman

Abstract


Dalam iklan, selebriti digunakan sebagai juru bicara merek agar cepat melekat di benak konsumen dan mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen terhadap produk yang didukung. Rio Haryanto adalah selebriti yang populer sebagai atlet balap mobil.  Perusahaan Oppo Indonesia memilih Rio Haryanto sebagai celebrity endorser dalam iklan Oppo F1 selfie expert. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sikap pemirsa iklan televisi Oppo F1 selfie expert terhadap penggunaaan celebrity endorser Rio Haryanto. Peneliti ingin melihat sikap responden dari komponen kognitif, afektif, dan konatif terhadap masing-masing karakteristik celebrity endorser TEARS dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei menggunakan kuesioner. Karakteristik celebrity endorser menurut model TEARS terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, similarity. Hasil penelitian menunjukkan sikap netral, karena responden mengetahui dan menyukai karakteristik celebrity endorse Rio Haryanto namun hal tersebut tidak menimbulkan kecenderungan ingin membeli.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI