Sikap Karyawan Atlas Sports Club Surabaya Mengenai Media Internal Perusahaan “Atlas Sports Club Magazine”

Patricia Adheline

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap karyawan Atlas Sports Club Surabaya mengenai media internal perusahaan. Sikap dilihat dari tiga komponen yaitu kognitif, afektif dan konatif menurut Azwar pada bukunya “Sikap Manusia” pada tahun 2015. Media internal diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manajemen untuk berkomunikasi dan memberikan informasi yang berharga bagi karyawan. Unsur media internal yang akan diteliti adalah menyebarkan informasi yang relevan, menjaga karyawan mendapatkan informasi yang mendukung fungsi perusahaan, meningkatkan komitmen karyawan, membentuk semangat perusahaan, bertindak sebagai media informasi bergerak dan bertindak sebagai sarana umpan balik yang dikemukakan oleh Irvine pada jurnal milik Elvira Wood pada tahun 2006. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yaitu dengan membagikan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Atlas Sports Club Surabaya yang berjumlah 85 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sikap karyawan mengenai media internal Atlas Sports Club Magazine baik dalam komponen kognitif, afektif maupun konatif adalah positif. Hal ini berarti karyawan mengetahui, menyukai dan cenderung berpartisipasi dengan media internal ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI