Pesan dan Respon Dalam Proses Komunikasi Pemasaran Kafe Melalui Instagram

Tabitha Susanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pesan dan respon dalam proses komunikasi pemasaran kafe melalui media sosial Instagram. Instagram adalah media sosial yang pertumbuhannya sangat cepat dan digunakan dengan berbagai macam tujuan. Salah satu tujuannya adalah sebagai media komunikasi pemasaran. Kafe kopi juga berkembang sangat cepat di Surabaya. Dimana komunikasi pemasaran yang para kafe gunakan adalah Instagram. Penggambaran proses komunikasi pemasaran kafe ini dilihat melalui analisis isi pada media sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukan kafe sebagai pengirim pesan mengirimkan pesan rutin secara mingguan dengan memakai tema aspirations and beliefs dan glitz and glam. Kemudian pesan disajikan dalam bentuk foto yang disertakan dengan deskripsi (caption). Setelah itu kafe akan mendapatkan respon dalam bentuk likes dan comments. Dimana respon terbanyak yang didapatkan oleh kafe adalah post  dengan tema pesan anxieties dan glitz and glam.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI