Perancangan Desain Kemasan Semanggi Instan Merek "Kampung Semanggi" sebagai Oleh-Oleh Khas Surabaya

Raymond Gunawan, Elisabeth Christine Yuwono, Bambang Mardiono

Abstract


Kampung Semanggi merupakan nama sebuah merek dari produk semanggi instan yang diproduksi oleh UKM Larisma. Semanggi instan sendiri merupakan produk inovasi baru, yakni berupa bahan-bahan dari makanan semanggi khas Surabaya yang dikeringkan dan berpotensi menjadi produk oleh-oleh khas Surabaya. Pada kemasan semanggi instan yang telah ada, ditemui beberapa kelemahan, salah satunya mengenai kemampuan kemasan dalam melindungi isi produk dan kualitas tampilan desain kemasan yang kurang sesuai dengan harga jual serta target marketnya. Selain itu di era pemasaran modern yang semakin ketat, persaingan yang terjadi antarprodusen suatu produk semakin ketat, sehingga mereka berlomba-lomba untuk menciptakan keunikan dan identitas tersendiri bagi produk mereka agar tampak menonjol dan unggul di mata konsumen dibandingkan kompetitornya. Perancangan desain kemasan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan pada kemasan sebelumnya dan diharapkan melalui perancangan desain kemasan ini mampu meningkatkan citra dan kualitas dari produk semanggi instan merek Kampung Semanggi di mata konsumen yang berakibat pada peningkatan penjualan.

Keywords


Kampung Semanggi, UKM Larisma, desain kemasan, semanggi instan, oleh-oleh khas Surabaya

Full Text:

PDF

References


Alfri. (2016, Maret 30). 10 Tujuan Wisata Paling Populer di Indonesia Tahun 2016. Retrieved from Travelingyuk.com: http://travelingyuk.com/tujuan-wisata-terpopuler/14426/

Asdhiana, I. M. (2015, Oktober 9). Semanggi Suroboyo Kuliner Khas Surabaya yang Mulai Langka. Retrieved from Kompas: http://travel.kompas.com/read/2015/10/09/154908527/Semanggu.Suroboyo.Kuliner.Khas.Surabaya.yang.Mulai.Langka

Kartajaya, H. (1996). Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jilid 1 (Edisi Bahasa Indonesia dari Principles of Marketing 9e). Jakarta: PT Prenhallindo.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Sofia, M., & Irdayanti, M. (2014, Februari 19). Survei: Kuliner Jadi Penentu Daya Tarik Tempat Wisata. Retrieved from Vivalife: http://life.viva.co.id/news/read/482594-survei-kuliner-jadi-penentu-daya-tarik-tempat-wisata

Wirya, I. (1999). Kemasan yang Menjual: Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.