PERANCANGAN BUKU HARIAN INTERAKTIF PENUNJANG EKSPRESI MENULIS BAGI ANAK

Marcella Kartika, Andrian Dektisa Hagijanto, Bernadette Dian Arini

Abstract


Kemampuan menulis bagi anak usia sekolah dasar (umur 6-12 tahun) merupakan keterampilan yang sangat penting
bagi anak. Namun, pada kenyataannya kemampuan menulis anak usia sekolah tersebut masih sangat kurang,
terbukti dari berbagai hasil survey dari berbagai lembaga internasional yang menyatakan bahwa kualitas menulis
pelajar Indonesia masih buruk. Perancangan ini ditujukan untuk membantu peningkatan ketrampilan menulis
untuk anak usia 8-10 tahun. Menurut sejumlah ahli, buku harian memiliki banyak manfaat yang baik dalam
perkembangan berbahasa salah satunya adalah dapat melatih kualitas tulisan anak.


Keywords


buku harian, ekspresi menulis bagi anak-anak.

References


Dinas Pendidikan. (2013). Melalui Kurikulum

Wajib Baca di Sekolah, Wujudkan Surabaya

Gemar Membaca. Retrieved February 8, 2017,

from

http://dispendik.surabaya.go.id/index.php?optio

n=com_content&view=article&id=715:melalui

-kurikulum-wajib-baca-di-sekolah-wujudkansurabaya-

gemarmembaca&

catid=2&Itemid=101〈=en

Djuharie, O. S. (2001). Panduan Membuat Karya

Tulis. Bandung: Yrama Widya

Dzuanda. (2009). Perancangan Buku Narasi Anak

Pop Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri

Gatot Kaca. (ITS-Undergraduate-

Unpublished undergraduate

thesis, Institut Teknologi Surabaya, Surabaya.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. (Vol.

, 6th ed.) (dr. Med. Meitasari Tjandrasa & Dra.

Muslichah Zarkasih, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Krashen, S. D. (2004). The Power of Reading:

Insights from the Research (2nd ed.). Westport,

Connecticut: Libraries Unlimited.

Kumara, A. (2000). Peran Aktif Orang Tua

Terhadap Ekspresi Tulis Anak. Jurnal Psikologi,

(1), 1-9. Retrieved March 12, 2017, from

https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7005

Lestari, Maya. (2015, November 03). Bagaimana

Memulai Pelajaran Mengarang Untuk Anak?

Retrieved September 8, 2016, from

http://mayalestarigf.com/2015/11/03/bagaima

na-memulai-pelajaran-mengarang-untuk-anak/

Mangen, A., & Velay, J. L. (2010). Digitizing

literacy: reflections on the haptics of writing.

INTECH Open Access Publisher.

Mueller, P. A., & Oppenheimer, D. M. (2014). The

pen is mightier than the keyboard advantages

of longhand over laptop note taking.

Psychological science, 0956797614524581.

Mirriam-Goldberg, C. (2005) Daripada Bete,

Nulis Aja! Panduan Nulis Asyik Dimana Saja,

Kapan Saja. Jadi Penulis Beken pun Bisa!

(Lusy Widjaja, Trans.) (3th ed.). Bandung: PT.

Mizan Pustaka.

Pennebaker, J. W. (1997). Writing about

emotional experiences as a therapeutic process.

Psychological science, 8(3), 162-166.

Pennebaker, J. W., & Beall, S. K. (1986).

Confronting a traumatic event: Toward an

understanding of inhibition and disease.

Pennebaker, J. W., & Beall, S. K. (1986).

Confronting a traumatic event: toward an

understanding of inhibition and disease. Journal

of abnormal psychology, 95(3), 274.

Pennebaker, J. W., & Chung, C. K. (2007). Social

cognition and communication. Sydney:

Psychology Press.

Lestari, G. ( 2014). Upaya Meningkatkan

Kemampuan Mengarang Siswa melalui Media

Gambar Seri di Kelas III SD Negeri Suren

Tahun 2013/2014. Published undergraduate

thesis, Universitas Negeri Yogyakarta,

Yogjakarta, from http://eprints.uny.ac.id/13514/

Rahmawati, M. (2014). Menulis Ekspresif sebagai

Strategi Mereduksi Stres untuk Anak-anak

Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga (Vol.

, pp. 276-293). Jurnal Ilmiah Psikologi

Terapan: Universitas Muhammadiyah Malang.

Retrieved March 12, 2017, from

http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/

view/2002

Atkinson, R.L., Atkinson, R.C., & Hilgard, E.R..

Pengantar psikologi (Vol. 1) / (Nurdjanah

Taufiq, Rukmini Barhana, Trans.). Jakarta:

Penerbit Erlangga.

Vygotsky, L. (1978). Interaction Between

Learning and Development. (pp. 34-30) In

Gauvain & Cole (Eds.) Readings on the

Development of Children. New York: Scientific

American Books.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.