Perancangan Media Ilustrasi Budaya Sanjo Komik Platform Line Webtoon

Sharlene Sylviana Kumala, Cok Gde Raka Swendra, Hen Dian Yudani

Abstract


Seiring dengan berjalannya waktu, rasa nasionalisme dan toleransi Masyarakat Indonesia dirasakan mulai memudar, hal ini mengakibatkan adanya bumbu perpecahan dimana di jaman modern ini perkembangan komunikasi terasa sangat berkembang, sehingga Masyarakat Indonesia bisa mengakses berita juga turut ikut memberikan komentar di dalamnya. Dimana komentar-komentar tersebut berisi tentang aspirasi – aspirasi masyarakat yang bisa mengubah pola pikir tiap individu. Perkembangan teknologi membuat bntuk aspirasi masyarakat bisa tersebar dengan cepat.Budaya Sanjo di Palembang adalah budaya yang mengutamakan rasa nasionalisme dan toleransi yang tinggi antar masyarakat di Palembang, budaya ini dirasa perlu untuk dipublikasikan ke Masyarakat Indonesia untuk diperkenalkan dan diperlihatkan bahwa ada budaya Indonesia yang mengutamakan rasa nasionalisme tersebut. Perancangan ini mengangkat tentang pengenalan Budaya Sanjo melalu media komik online di platform Line Webtoon, yang diharapkan dapat dilihat, dan dikenal oleh Masyarakat Indonesia secara luas terutama untuk kalangan anak muda yang memegang peranan penting dalam perkembangan komunikasi dewasa ini. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan observasi terhadap Budaya Sanjo di Palembang, beserta beberapa pengalaman pribadi selama melakukan Sanjo di Palembang. Metode untuk menganalisa data adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan 5W + 1H.


Keywords


Budaya, Sanjo, Palembang, Indonesia, Line Webtoon.

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2001,Ensiklopedia Indonesia,Cetakan kedua,Jakarta:PT. Cipta Pustaka

Aziz, Abdul. “Pengaruh Budaya Asing Terhadap Kebudayaan Indonesia” http://kucingkring.blogspot.co.id/2013/01/pengaruh-budaya-asing-masuk-ke-indonesia.html (diakses tanggal 1 Mei 2013.)

Bonnef Marcel,2008,Komik Indonesia,Cetakan kedua. Jakarta:Kepustakaan Populer Gramedia

Harahap, Lia. “5 Alasan untuk Membaca Komik di Line Webtoon” http://liaharahap.com/5-alasan-untuk-membaca-komik-di-line-webtoon/ (diakses tanggal 30 Desember 2015.)

Judul = Jenis – Jenis Komik, “Bentuk Komik”, https://pensilseni.wordpress.com/category/komik/, (diakses Juli 2012)

Judul – Judul Komik, “Buku Komik”, http://komikvivi.blogspot.co.id/p/jenis-jenis-komik-berdasar-jenis-cerita.html, (diakses 1 Februari 2016).

Judul = Apa itu Komik, “Sejarah Komik”, http://lemaripelangi.blogspot.co.id/2011/08/apa-itu-komik.html, (diakses Minggu 14 Agustus 2011)

Judul – Apa itu Komik, “Ngomik Indonesia”, http://ngomikindonesia.blogspot.co.id/2012/05/apa-itu-komik.html.id/2012/05/lets-learn-about-comic-part-1.html, (diakses Sabtu, 05 Mei 2012)

Lemabang, Iwan. “Mengenal Tradisi Rumpak – Rumpakkan di Kampung Arab Palembang.” https://lemabang.wordpress.com/?s=sanjo (diakses tanggal 26 Juli 2014.)

Prasetyo, Ginanjar. “Materi Komik Pengertian Komik, Ciri-ciri Komik, Jenis-jenis Komik.” (http://ginanjarnurprasetyo.blogspot.co.id/2014/04/materi-komik-pengertian-komik-ciri-ciri.html) (diakses tanggal 3 April 2014)

Koentjaraningrat,2000,Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan, Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Review, Jagat. “Direct Release : LINE Webtoon, Meredefinisikan Kebiasaan Orang Indonesia Membaca Komik melalui Ponsel.” http://www.jagatreview.com/2015/05/direct-release-line-webtoon-meredefinisikan-kebiasaan-orang-indonesia-membaca-komik-melalui-ponsel/ (diakses tanggal 11 Mei 2015.)

Mc. Cloud,1993,Understanding Comics,New York:HarperCollins

Viyura. “Menumbuhkan Cinta Budaya Indonesia Bagi Kaum Muda Melalui Mata Pelajaran Muatan Lokal (Kesenian)”https://viyura.wordpress.com/2014/02/17/menumbuhkan-cinta-budaya-indonesia-bagi-kaum-muda-melalui-mata-pelajaran-muatan-lokal-kesenian/ (diakses tanggal 17 Februari 2014.)

Wikipedia. “Komik” https://id.wikipedia.org/wiki/Komik (diakses tanggal 3 September 2016.)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.