Perancangan Buku Cerita Bergambar Bertema Bhinneka Tunggal Ika untuk Anak-anak

Siennita Djoendi, Andrian Dektisa Hagijanto, Bernadette Dian Arini

Abstract


Indonesia adalah ladang keragaman suku, budaya, dan agama dengan “Bhinneka Tunggal Ika” sebagai semboyannya. Namunsemboyan negara itu seolah hanya kalimat kosong tanpa implementasi. Keberagaman justru sering memicu konflik dan berakhir dengan kekerasan. Diperlukan edukasi kembali tentang nilai-nilai kebhinekaan agar persatuan Indonesia tidak terus menerus terancam dari dalam. Cerita bergambar yang mengangkat tema Bhinneka Tunggal Ika menawarkan konsep edukasi kembali nilai-nilai kebhinekaan untuk anak-anak melalui cerita fiksi. Cerita fiksi dapat mengangkat isu-isu sensitif seperti rasisme dengan cara
yang lebih diterima oleh anak-anak. Dengan membaca cerita, anak juga akan memperoleh pelajaran tanpa perlu mendapatkan pengalaman buruk. Dengan adanya buku cerita bergambar bertema Bhinneka Tunggal Ika, diharapkan agar kelak bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tidak hanya cerdas, namun juga tidak melupakan nilai-nilai kebhinekaan.


Keywords


buku cerita bergambar; anak; kebhinekaan; edukasi

Full Text:

PDF

References


Anderson, Robin. 2015. Types of Picture Books - Defining Features and Literary Elements, 5 Maret 2017. http://childrensgenrestudy.pbworks.com/w/page/90072593/Types%20of%20Picture%20Books%20-%20Defining%20Features%20and%20Literary%20Elements

Bradley, Johanna. 2007. From Chapbooks to Plumb Cake: The History of Children's Literature.

Backes, Laura. 2017. Understanding Children’s Book Genres, 15 Maret 2017. http://writeforkids.org/2014/02/understanding-childrens-book-genres/

Blackburn, Emma. 2013. How to Create a Fantastic Picture Book. https://www.writersandartists.co.uk/writers/advice/327/dedicated-genre-advice/writing-for-children/

Blackman, Malorie. n.d. Writing genre fiction for children, 10 Maret 2017. https://www.writersandartists.co.uk/writers/advice/57/dedicated-genre-advice/writing-for-children/writing-genre-fiction-for-kids

Chen, Chi-Fen Emily. 2006. Children’s Literature. 28 Februari 2017. http://www2.nkfust.edu.tw/~emchen/CLit/

Derman-Sparks, Louise, Carol Tanaka Higa dan Bill Sparks. Children, Race and Racism: How Race Awareness Develops. Diakses dari teachingforchange.org

Depdiknas. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka

Hassler, Michelle. 2014. Moral Development in Children, 4 November 2016, https://blog.udemy.com/moral-development-in-children/

International Library of Children's Literature. 2013. Early Children’s Literature. 3 Maret 2017 http://www.kodomo.go.jp/ingram/e/section1/index.html

Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi dari Klasik sampai Modern. Yogyakarta: IRCiSoD

Kartodirdjo, Sartono, dan kawan-kawan. 700 Tahun Majapahit (1293-1993). Surabaya: Dinas Pariwisata Daerah Provinsi tingkat I Jawa Timur.

Kazoo, Katie. 2009. Five Essential Elements of a Story, 10 Maret 2017 https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0ahUKEwiJoMGL8cvSAhWIVLwKHb05DdsQFggyMAQ&url=http%3A%2F%2Fwww.katiekazoo.com%2Fpdf%2FKK_FiveEssentialElements.pdf&usg=AFQjCNHMr3VOw2vFIZKdz5MXLycFhY3_xA&sig2=gKEz2dmJQVIR1yVX3fGk5g&bvm=bv.149093890,d.dGo

Silvey, Anita (2002). The Essential Guide to Children's Books and their Creators. New York: Houghton Mifflin. ISBN 0-618-19082-1.

Tionghoa Indonesia. 2016. Kapan ‘Kecinaan’ Akan Berhenti?, 24 September 2016, http://www.tionghoa.info/kapan-kecinaan-akan-berhenti/

Van Ausdale, Debra, dan Joe Feagin. 2001. The First R: How Children Learn Race and Racism. Maryland: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.Watson,

Watson, Robert I., dan Henry Clay Lindgren. 1979. Psycology of the Child and the Adolescent (Fourth Edition). New York: Collier Macmillan Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.