Perancangan Media Interaktif Pengenalan Area Publik Untuk Anak-anak Penyandang Disabilitas Tunanetra Usia 4-6 Tahun

Valensia Hesti Rosyendra, Elisabeth Christine Yuwono, Bambang Mardiono

Abstract


Media cetak dapat menjadi salah satu media untuk melatih sensori anak tuna netra. Minimnya media cetak yang beredar membuat anak tuna netra kesulitan untuk mendapatkan media belajar yang sesuai. Sehingga sekolah anak berkebutuhan khusus seringkali membuat sendiri buku, salah satu wujud dari media cetak, yang dicetak braille. Setelah dilakukan analisis menggunakan metode 5W+1H, maka solusinya adalah membuat perancangan media interaktif pengenalan area publik  berwujud buku yang dilengkapi dengan tulisan braille, visual bertekstur, dan dilengkapi audio untuk menjawab permasalahan diatas. Media buku pengenalan ini dapat digunakan untuk melatih sensori dan daya dengar anak tuna netra, sehingga kedepannya anak tuna netra dapat lebih maksimal dan peka dalam menggunakan inderanya.


Keywords


buku; area publik; braille; tunanetra

Full Text:

PDF

References


Gimawati, N. (2016) Apa dan Bagaimana Media Pembelajaran Yang Cocok Untuk Anak Tuna Netra

Gutex, G. L. (2015) Metode Montessori (Vol. III). Jakarta: Pustaka Pelajar

Ivanawati, S. & Kurnia, K. (2017) Bagaimana Kegiatan Belajar Mengajar Anak Tunanetra

Martini. (2006). Golden Age for Children

Pranata, M. (2004). Menuju Pembelajaran Berbasis Kompetensi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.