Perancangan Visual Branding Toko Kue Mama Makassar

Lily Jessica Chandra, Listia Natadjaja, Mendy Malkisedek

Abstract


Toko Kue Mama adalah sebuah café di Makassar yang menjual berbagai kue tradisional khas Makassar. Toko Kue Mama yang awalnya ditujukan untuk anak muda, kini sudah tidak diminati lagi. Maka dari itu, perancangan ini dilakukan untuk menarik kembali minat anak muda Makassar untuk datang ke Toko Kue Mama. Perancangan ini menggunakan metode analisa SWOT. Hasil analisa yang ditemukan adalah anak muda sangat mempercayai sosok seorang ibu, terutama dalam hal makanan. Maka dari itu, konsep yang diangkat untuk perancangan visual branding ini adalah konsep homey, dimana suasana dan makanan yang disajikan di Toko Kue Mama terasa seperti di rumah sendiri dan disiapkan oleh mama sendiri.  Melalui perancangan ini, diharapkan anak muda tertarik untuk datang ke Toko Kue Mama.


Keywords


Visual Branding, Mama, Kue Tradisional, Anak Muda, Makassar

Full Text:

PDF

References


Budhiyanto, D.K. (2012). Perancangan Visual Branding Monumen Pers Nasional di Surakarta. Jurnal DKV Adiwarna, 1(1), 1-6.

Fox, P. (2013, August 28). How to Create a Visual Branding Strategy. Business 2 Community. Retrieved February 1, 2017 from : http://www.business2community.com/branding/create-visual-branding-strategy-0599045#Hc9lrIaakowAxTrK.97

Hickle, T. (2015, November 16). Branding 101: A Visual Brand Identity Checklist. Miles Herndon. Retrieved February 1, 2017 from : https://milesherndon.com/blog/branding-101-visual-brand-identity

Landa, R. (2006). Designing Brand Experience. New York: Thomson Delmar Learning.

Tanyadji, N. T. (2017, January 30). Sejarah Toko Kue Mama. (L. J. Chandra, Interviewer)

Virawan, W.A. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi S1 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. From http://eprints.uny.ac.id/16852/1/Skripsi%20Wayan%20Adi%20V.pdf

Visual Branding and Brand Development. (2017). Art Version Company. Retrieved March 10, 2017 from : https://artversion.com/branding-agency/visual-branding-brand-development/

Yenata, S.T., Herawati, F.A. (n.d). Pengaruh Tingkat Ketertarikan pada Desain Logo dan Nama Merek Terhadap Brand Image. Skripsi S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta. From http://e-journal.uajy.ac.id/5778/1/KOM003715.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.