Perancangan Kampanye Sosial Bagi Orang Tua Tentang Pentingnya Anak Beretika di Media Digital

Daniel Ananto, Deddi Duto Hartanto, Merry Sylvia

Abstract


Media digital merupakan sahabat anak sejak kecil. Tak sulit bagi anak untuk menggunakan berbagai teknologi
media digital. Namun anak masih belum mampu mengerti sepenuhnya batasan dan etika penggunaannya. Peran
orang tua untuk mendidik etika bermedia digital kepada anak tidak dapat berjalan dengan baik. Bahkan membuat
anak semakin penasaran terhadap larangan yang diberikan oleh orang tuanya. Diperlukan sebuah solusi kreatif
untuk menyadarkan dan memberikan pemahaman tentang etika bermedia digital pada anak melalui perancangan
kampanye sosial “Celoteh Digital”. Kampanye ini mengajak orang tua untuk berceloteh asik sama anak
mengenal media digital tempat bermain anaknya, sehingga orang tua dapat menjaga etika penggunaannya.


Keywords


Kampanye Sosial; Etika; Media Digital

Full Text:

PDF

References


Bertens, K. (2013). Etika Edisi Revisi. Jakarta:

Kanisius.

Broto, G. S. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF

Mengenai Prilaku Anak dan Remaja Dalam

Menggunakan Internet. Retrieved November 10,

, from

https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Si

aran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2

+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Menge

nai+Perilaku+Anak+dan+Anak+Dalam+Menggunaka

n+Internet+/0/siaran_pers

Hurlock, E. (1997). Psikologi Perkembangan: Suatu

Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta:

Erlangga.

Hurlock, E. (2013). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi

Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. (2013). Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi

Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, I.S. (2011). Kritik Budaya Komunikasi –

Budaya, Media, dan Gaya Hidup dalam Proses

Demokratisasi di Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra.

Jenkins, H. (2009). Confronting The Challenges of

Participatory Culture: Media Education for the 21st

Century. Illinois: MacArthur Foundation

Pratama, H. C. (2012). Cyber Smart Parenting.

Bandung: Visi Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.