Perancangan Brand Identity dan Kemasan Kue Kering Susy Handayani di Surabaya

Sharleen Claresta, Listia Natadjaja, Mendy Hosana Malkisedek

Abstract


Salah satu bentuk usaha yang marak berkembang di Surabaya adalah bisnis kue kering. Bisnis kue kering juga dimanfaatkan oleh Susy Handayani yang merupakan usaha homemade yang memproduksi aneka kue kering dan kue spiku dengan menggunakan resep turun-temurun dan bahan yang terjamin kualitasnya.Walaupun telah memulai bisnis tersebut sejak tahun 2007, kue kering Susy Handayani belum memiliki identitas yang konsisten dan belum memiliki kemasan yang menarik sehingga dibutuhkan perancangan brand identity berupa logo dan akan diaplikasikan pada desain kemasan.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis SWOT dan VIEW untuk mencari informasi mengenai insight dari target audience, proposition dan positioning produk. Dari hasil analisis, dibuatlah perancangan brand identity berupa logo dan diaplikasikan pada desain kemasan yang sesuai dengan positioning produk sebagai spesialis aneka kue kering dan kue spiku yang premium dan friendly. Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dari produk Kue Kering Susy Handayani terhadap masyarakat Surabaya.

Keywords


Brand Identity, Desain Kemasan, Makanan, Kue Kering, Kue Spiku

Full Text:

PDF

References


Akabogu, O. C. (2013). Application of The "VIEW" Concept of Packaging in Evaluation of Promotional Effectiveness. Business Management Dynamics 3 (1), 47-57. from https://www.google.com/url?q=http://bmdynamics.com/issue_pdf/bmd110373-%252047-57.pdf&sa=U&ved=0ahUKEwjWg6KRwMvUAhVFsI8KHWEMBlMQFggeMAA&sig2=msEdzILoecLCAc1ZtOSHrA&usg=AFQjCNF42QayfmnWA-ocAgk7bOGI2IwEgQ

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12, Jilid 2. Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga.

Nitisemito, A. S. (1981). Marketing. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Wirya, I. (1999). Kemasan yang Menjual: Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra Kemasan Juara. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.