Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Rokok Elektrik

Putri Hary Kusuma Rhyandina, Bing Bedjo Tanudjaja, Daniel Kurniawan

Abstract


 

Penelitian ini dilakukan untuk mencegah bertambah banyaknya pengguna rokok elektrik di daerah Surabaya. Banyak pengguna rokok elektrik yang belum tahu benar bahaya yang mengancam pengguna maupun orang yang disekitarnya. Mengunakan media poster untuk menyampaikan pesan kepada pengguna rokok elektrik dan masyarakat.elemen – elemen yang ada dalam poster dan baju turut berperan dalam menentukan penilaian masyarakat terhadap pesan yang akan disampaikan yang akhrnya membentuk pemikiran terhadap rokok elektrik.

Teknik Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kulitatif dengan cara pengumpulan data berdasarkan data primer dan sekunder, dimana data observasi dan wawancara kepada pengguna rokok elektrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna rokok elektrik menganggap itu lebih sehat dan tidak berbahaya, karena faktor gaya hidup yang kekinian.

 


Keywords


Iklan Layanan Masyarakat, rokok elektrik dan Iklan

Full Text:

PDF

References


Andrie (November 29, 2014) Pengertian vape atau vapor. “Bishopnet” Sabtu,. 13 Januari 2017. .

Alvionita F. (2015) Inilah Efek Samping Rokok

.

Alo (2016) “Hidup Sehat” Apakah Rokok Elektrik Aman?.“Aldoker” .

Dominick,J.R.(2008).The dynamics of mass communication: Media in the digital age, elevent edition, McGraw Ho, International Edition

Farsalinos K, Tsiapras D, Kyrzopoulos S, et al. Acute effects of using an electronic nicotine-delivery device (e-cigarette) on myocardial function: comparison with effects of regular cigarettes. European Society of Cardiology 2012 Congress; August 26, 2012; Munich, Germany. Abstract 1375.

Junaedhie, Kurniawan. (1995). Rahasia dapur majalah di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jefkins, Frank, (1997), Periklanan, Jakarta, Erlangga.

Kasali, Rhenald. (2007). Manejemen perikalanan: konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta, Pustaka Grafiti

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller., 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas, Jilid 1, dialihbahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks.

Liliweri, Alo. (1997). Dasar-dasar komunikasi periklanan. Bandung : Citra

Tinarbuko, Sumbo. (2007). Semiotika komunikasi visual. Jalasutra

Phil Astrid S. S usanto, (1977). Komunikasi dalam teori dan praktek. Bandung : Binacipta.

Rivers, William L. (1983). Magazine editing in the 80’s: Text and exercises. California: Wadsworth Publishing Company.

Rudystina A. & PharmD.Thu T, “Fakta Unik.” Rokok elektrik vs Rokok Tembakau: Mana Lebih Aman? “Hellosehat” 20 Januari 2017. .

Samiadi, L. A. & PharmD.Thu T “Tips Sehat” Apakah Rokok Elektrik Alias Vaping Efektif Membantu Berhenti Merokok?. “Hellosehat” 20 Januari 2017. .

Straubbar, J., 2006, Media Now: Understanding media, culture and technology.

Perdana S. & Duyen Le T. “Fakta Unik” 8 Kandungan dalam Rokok dan Bahayanya Bagi Tubuh. 13 Januari 2017.

.

Vaporide (June 9, 2014) Stop Smoking, Start Vaping. “Vaporide”. 13 Januari 217 .

Vardavas CI, Anagnostopoulos N, Kougias M, et al. Short-term pulmonary effects of using an electronic cigarette: Impact on respiratory flow resistance, impedance, and exhaled nitric oxide. Chest 2012; 141:1400-1406.

Wati Erna, M St. (Nov 8, 2013) Sejarah dan perkembangan iklan Indonesia. “Slideshare” 15 Januari 2017. .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.