PERANCANGAN BUKU ESAI FOTO SENI JARANAN JAWA SEBAGAI KESENIAN KHAS KEDIRI

Maria Octavia Handoyo, Hartono Karnadi, Luri Renaningtyas

Abstract


Jaranan merupakan seni pertunjukan yang digemari oleh masyarakat luas dari mulai muda sampai tua. Namun, seiring berjalannya waktu dengan perkembangan zaman yang semakin modern, Jaranan pun ikut menyesuaikan dengan mengkombinasikan tarian dengan musik yang modern atas permintaan masyarakat. Hal tersebut dikarenan agar masyarakat terutama generasi muda tidak cepat bosan.
Untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat perlu adanya sebuah panduan agar masyarakat tau bahwa Jaranan tidak hanya Jaranan modern atau kontemporer saja akan tetapi ada Jaranan yang lain seperti Jaranan Jawa yang menjadi akar dari Jaranan yang berkembang hingga sekarang. Namun Jaranan Jawa itu sendiri sudah jarang ditampilkan, itu adalah alasan utama generasi muda tidak mengenal Jaranan Jawa lebih dalam.
Identifikasi data diatas diperoleh bersumber dari hasil wawancara, analisa data 5W1H dan informasi yang berhasil didapatkan, serta untuk mendukung media perancangan yang dapat mendokumentasikan Jaranan Jawa. Melalui media buku esai fotografi bisa menjadi sebuah buku panduan untuk masyarakat umum terutama generasi muda untuk mengetahui sejarah dan filosofi Jaranan Jawa yang mempunyai makna penting untuk kehidupan.


Keywords


Pertunjukan Jaranan, Kesenian khas Kediri, Foto esai, Buku

Full Text:

PDF

References


Rand, Biteb. (2016). Jenis-Jenis Fotografi dan Contohnya yang Bisa Kamu Pelajari. Diakses 20 Februari 2017.

Sachari, Agus. (2007). Budaya Visual Indonesia, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Surya, Rama. (1996). Yang Kuat Yang Kalah. Fotomedia, Jakarta.

Wijaya, Taufan. (2016). Photo Story Handbook: Panduan Membuat Foto Cerita. Jakarta: Anggota IKAPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.